Jl. Perjuangan Kec. Kesambi, Kota Cirebon fitk@uinssc.ac.id

Profil Lulusan dan Penciri Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

    • Profil Lulusan

Profil utama lulusan program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah:

      1. Profil utama lulusan pendidikan akademik: Tenaga Kependidikan dan atau Calon guru bidang ilmu yang ditekuni pada program studi yang dipilih yang mengamalkan dan mengembangkan keilmuannya sesuai prinsip-prinsip Accoubtable, Humanist, Smart, Accesible dan Networking (AHSAN).
      2. Profil utama lulusan pendidikan profesi; Guru profesional bidang ilmu yang ditekuni pada program studi pendidikan profesi yang dipilih yang mengamalkan dan mengembangkan keilmuannya sesuai prinsip-prinsip Accoubtable, Humanist, Smart, Accesible dan Networking (AHSAN).
    • Capaian Pembelajaran Penciri Fakultas
PengetahuanSikap dan Tata NilaiKeterampilan
Mampu memahami perspektif normatif ajaran islam, perspektif filosofis dan perspektif epistemologi (tradisi keilmuan) Islam tentang tarbiyah islamiyah (pendidikan Islam) dalam kerangka integrasi ilmu dan moderasi Islam dan berbasis siber.Mampu mendasarkan kepada sikap religious, sikap moderat, nilai-nilai profetik, dan berbasis siber dalam mengamalkan dan mengembangkan pendidikan dan pembelajaran bidang ilmu yang ditekuni.Mampu mengembangkan dan melaksanakan pendidikan dan pembelajaran bidang ilmu yang ditekuni berpedoman pada prinsip integrasi ilmu dan nilai-nilai moderasi islam serta berbasis siber.
    • Mata Kuliah Penciri Fakultas dan Kode Mata Kuliah
NoKode Mata KuliahNama Mata KuliahSKSDeskripsi Mata Kuliah
1ITK62301Ushul al- Tarbiyah 2Menyajikan perspektif normative (telaah/studi ayat-ayat al Qur’an dan Al- Hadits) yang terkait dengan prinsip-prinsip, unsur-unsur sistem pendidikan islam (tarbiyah Islamiyah) dengan menggunakan pendekatan tafsir maudlui.
2ITK62302Filsafat Pendidikan Islam2Menyajikan perspektif filosofis yang berkembang dalam tradisi dan khasanah keilmuan islam tentang hakekat unsur-unsur atau komponen dalam sistem pendidikan Islam (tarbiyah islamiyah).
3ITK62303Ilmu Pendidikan Islam2Menyajikan perspektif teoritik yang berkembang dalam khasanah keilmuan Islam tentang pendidikan dan pembelajaran terutama berangkat dari kesadaran ontologis (memahami hakekat      bidang      kajian    dan masalah       dalam      Pendidikan Islam
4.ITK62304Etika Profesi Keguruan2Menyajikan sistem nilai dan sikap yang harus dipupuk, dikembangkan dan dilaksanakan dalam kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan meningkatkan kegiatan pendidikan dan pembelajaran.
5ITK62305Micro Teaching2Menyajikan keterampilan mengajar yang dikelola secara sistematis dimulai dari kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas.
6ITK62306PLP (Magang)4Menyajikan kegiatan pendidikan dan pembelajaran secara otentik di satuan pendidikan, yang dikelola secara sistematis dimulai dari kegiatan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan kegiatan tata kelola pendidikan dan pembelajaran di sekolah tempat magang atau PLP dilaksanakan.
7ITK62307Pendidikan Multikultural (Moderasi Beragama)2Menyajikan perspektif konseptual dan factual dalam konteks beragama dapat memposisikan diri secara tepat dalam masyarakat multireligius, multicultural dan kemajemukan sehingga terjadi harmonisasi sosial dan keseimbangan kehidupan sosial
8ITK62308Studi Al-Quran2Menyajikan perspektif normative (telaah/studi ayat-ayat al Qur’an) yang terkait dengan konteks pendidikan Islam (tarbiyah Islamiyah) 
9ITK62309Studi Hadits2Menyajikan perspektif normative (telaah/studi hadits yang terkait dengan konteks pendidikan Islam (tarbiyah Islamiyah) 

Link Dokumen

Buku Kurikulum MBKM Berbasis OBE
Panduan Teknis Implementasi Kurikulum MBKM FITK
SK CPMK FITK
SK CPMK Institut